PREDIKSI PILKADA SAMARINDA 2020 : PASLON NOMOR SATU BARKATI – DARLIS BERPOTENSI MENANG TIPIS DI ANGKA SEKITAR 37% DI SAMARINDA??

PREDIKSI PILKADA SAMARINDA 2020 : PASLON NOMOR SATU BARKATI – DARLIS BERPOTENSI MENANG TIPIS DI ANGKA SEKITAR 37% DI SAMARINDA??

Paslon ini memiliki keunikan yang khas. Mereka memiliki pendukung yang setia dan merata hingga ke tingkat RT. Orang bilang militansi pendukungnya cukup kuat. Dari situlah muara kenapa paslon ini berpotensi memenangkan pilkada di Kota Samarinda tahun ini.

Bagi sebagian kalangan pasangan tersebut adalah pasangan petahana (incumbent) yang secara teori telah memiliki modal awal yang cukup baik untuk dukungan masyarakat pemilih karena sudah dikenal sejak awal jauh sebelum paslon lain melakukan sosialisasi.

Ditambah faktor karakter pemilih Samarinda yang cukup cair berpolitik dan memiliki “pengalaman kecerdasan” tersendiri jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Kalimantan Timur.

Wilayah potensial bagi Barkati – Darlis sangat mungkin mendapatkan dukungan besar di kawasan padat pemilih yakni di Samarinda Ulu, Sungai Kunjang, dan  Sungai Pinang dimana ketiga kecamatan ini merupakan wilayah kecamatan paling besar jumlah pemilihnya dari 10 kecamatan yang ada di kota Samarinda.

Sementara itu berdasarkan pengalaman pemilu ditambah dengan suasana pandemik covid19 saat ini maka memungkinkan potensi tingkat partisipasi pemilih berada diseputaran angka 55% pada pilkada Samarinda tahun ini.

Penulis : Doni Candra, S.Sos
Editor : Nizar Mahroussy H.E,S.Kom