Hasil Survei Mirip Berita Dukun?

Hasil Survei Mirip Berita Dukun?

Berita rilis hasil survei sangat mirip dengan berita dari dukun dari sisi objeknya.   Kalau lembaga survei yang merilis hasil survei dasarnya adalah keilmuan ilmiah, nah kalau dukun dasarnya kita tidak bisa mempelajarinya, tetapi sama – sama menyajikan data – data.

Kalau si Mbah mengatakan si A menang maka dia akan menang. Kalau lembaga survei mengatakan si B menang maka dia akan menang. Tapi keduanya pasti sering salah. Karena sama – sama manusia biasa, nah kita yang mendapat informasi itulah masalahnya jangan sampai mau salah menyikapinya.

Hasil survei itu adalah hal biasa. Melaksanakan survei itu juga hal yang biasa, timses kandidat mampu survei sendiri kok. Gak perlu tinggi – tinggi banget sekolahnya. Tidak harus jago ngomong dan ngecap di media. Setiap politisi mampu kok melakukan survei secara mandiri yang data – datanya dikonsumsi sendiri saja sehingga tidak mudah bocor kemana – mana.  Tidak mungkin kalangan parpol mau diadu domba oleh lembaga survei manapun. Maka dari itu rahasiakan hasil surveimu sendiri. Gunakan untuk kemenangan sendiri dalam pilkada tahun 2018 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *