PILGUB KALTIM 2018 #26: KAMPANYE PALING EFEKTIF

PILGUB KALTIM 2018 #26: KAMPANYE PALING EFEKTIF

Masyarakat pemilih sebagian besar sangat menginginkan calon pemimpinnya itu turun langsung menjumpai mereka. Dapat berjabat tangan langsung sambil mengobrol ringan dengan calonnya  adalah kehormatan dan pengalaman yang tak terlupakan bagi masyarakat pemilih. Tautan rasa kebathinan yang dialami oleh pemilih ketika berjumpa calon pemimpin itu biasanya mampu menciptakan energi yang memotivasi selama proses menjelang pemilihan langsung (pilkada).

Pengalaman bertemu  calon gubernur, misalnya. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai dampak psikologis tertentu yang biasanya bernilai sangat positif. Calon pemimpin bertemu langsung dengan rakyat dengan membawa berbagai perasaan psikologis meskipun hanya sekedar lewat senyuman, lambaian tangan, jabat tangan yang erat dan mendalam, serta tatapan mata yang penuh rasa simpatik akan dapat mewujudkan suatu keakraban seperti dalam persahabatan. Apalagi ditambahi dengan obrolan yang langsung ke persoalan keseharian dengan masyarakat maka hal itu akan menimbulkan efek balik rasa akrab yang tulus dari masyarakat terhadap calon pemimpinnya.

Berikut catatan elemen penting terkait kampanye paling efektif. Catatan ini disarikan dari berbagai pengalaman masa lalu yang mungkin masih dapat dijadikan gambaran pada masa kekinian.

  1. Sebagian besar masyarakat pemilih itu sangat suka jika dapat bertemu langsung dengan calon pemimpinnya.
  2. Pertemuan langsung itu lebih disukai jika terkesan terjadi secara alamiah dan mengalir.
  3. Suasana kekeluargaan dalam setiap pertemuan adalah moment yang paling berpengaruh paling besar dalam membangun kecintaan pemilih kepada calon pemimpinnya.
  4. Masyarakat pemilih cenderung menerima logika perasaan dalam menyikapi peristiwa politik pemilihan.
  5. Calon pemimpin yang berkepribadian mengayomi semua pihak akan dapat diterima secara lebih luas oleh berbagai kalangan.
  6. Masyarakat pemilih biasanya bersifat menunggu keteladanan dari calon pemimpinnya, respon positif akan terjadi ketika masyarakat pemilih merasakan pengalaman langsung yang terjadi secara mendalam.
  7. Team/ kelompok yang selalu berada disamping calon pemimpin itu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman turun langsung itu.
  8. Turun langsung ke masyarakat untuk menjumpai mereka akan menjadi faktor utama dalam kampanye paling efektif.

Demikian poin-poin dasar dari kampanye efektif, mungkin ada pengalaman lain dari para pembaca sekalian silahkan menambahkan sendiri poin-poinnya berdasarkan pengalaman masing-masing. Intinya saat ini kampanye efektif sangat memperhatikan kelembutan perasaan, kepekaan sosial yang tinggi, sikap persahabatan, kesantunan menyeluruh, penghormatan mendalam, serta ketulusan.

(DC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *