PILGUB KALTIM 2018 #4: DUKUN MASUK PILKADA KALTIM

PILGUB KALTIM 2018 #4: DUKUN MASUK PILKADA KALTIM

Dukun biasanya disebut orang pintar.

Diceritakan bahwa Kaltim adalah bumi makrifat. Ditinjau dari ilmu geologist maka wilayah ini memiliki ketuaan usia yang tidak diragukan. Emas dan intan ada berlimpah disini. Minyak bumi dan gas masih berproduksi dalam heningnya, saking heningnya belum umum secara pasti  diketahui berapa juta liter sehari minyak bumi dan gas alam yang berhasil diproduksi. Kalau produksi batubara sih sudah berjuta-juta ton setiap bulan yang berhasil dikirim keluar Kaltim. Se-ton batubara berharga misal Rp 500 ribu kalau dikali 1 juta ton maka hasilnya 500 milyar duit sebulan (itu tambang kecil-kecilan). Ini belum termasuk hasil produksi tambang PKP2B yang segede raksasa itu alat-alatnya.

Hey sobat, masih ada gunung emas di kutim yang belum tergarap. Ada potensi tambang intan di Kubar. Dan … ada potensi cadangan minyak dan gas yang berlimpah di Muara Kaman (Kukar). Sekali lagi ini kabar burung sih, bagi yang serius yo monggo dicari sendiri data-datanya.

Jadinya kok dukun masuk pilkada Kaltim?

Urusan dukun dalam pilkada itu hanya isapan jempol belaka kata kaum biasa berfikir logis-logika. Namun biasanya dalam urusan lain masih juga sih sesekali nimbrung sama orang pintar, atau sesekali nyari jimat untuk pelindung diri. Hehehe…

Dukun menjadi fenomena yang tersembunyi, rahasia umum juga sih kadang-kadang. Pemberitaannya hanya dijumpai pada kolom tersendiri atau rubrik tersendiri dalam setiap pemberitaan di media. Kata temanku yang ahli IT itu bahwa urusan ghoib-dukun itu ratingnya masih sangat tinggi pada pencarian (searching) di internet atau mbah google.


Ada info dari orang pintar bahwa calon gubernur si anu bakal menang. Sementara itu dari orang pintar yang lain mengatakan calon gubernur si fulan bakal menang. Orang pintar terkadang dimintai pendapatnya dan bahkan arahannya. Orang pintar yang satu dengan orang pintar lainnya biasa berbeda juga hasil terawangannya. Ini membuktikan urusan ini hanya sampai pada level usaha saja, bukan kepastian.

Orang pintar akan menerawang hasil pilgub Kaltim. Konsultan politik akan mengeluarkan hasil survei untuk  memprediksi hasil pilgub Kaltim. Keduanya ini hanyalah upaya saja bukan keputusan takdir.

Kamu pilih mana?

Gak usah ditanggepin, Yuk lanjut aktifitas masing-masing, dah siang nih … jangan lupa makan dan minum supaya sehat fisikmu hingga sore … salam kompak selalu lah kawalan seberataan.

(DC)

BACA JUGA : Survei Menang Telak Pilkada