PILGUB KALTIM 2018 #21: SKENARIO 3 PASANGAN CALON PADA PILGUB KALTIM

PILGUB KALTIM 2018 #21: SKENARIO 3 PASANGAN CALON PADA PILGUB KALTIM

APAPUN kejadian detik terakhir itu cukup sangat menentukan. Langkah negosiasi partai-partai politik yang saat ini berkumpul di Jakarta dapat memiliki dampak yang sangat besar untuk kelanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ini.

Para tokoh partai politik dari Kaltim saat ini juga ikut ngelurug ke Jakarta dalam rangka mendapatkan kepastian SK partai di pusat. Saat ini fresh masih negosiasi kok, masih loby-loby menurut bisik-bisik tetangga. Dari 4 pasangan calon yang seperti kalkulasi awal jika berpedoman ketersediaan “tiket” dari Karangpaci maka kini hal itu masih coba ditelaah ulang dengan kalkulator tercanggih.

Akankah masih bertahan 4 pasangan calon? Bagaimana dengan adanya upaya 3 pasangan itu? Begini kawan-kawan, mulanya 4 pasangan itu menggema dan masuk akal tetapi detik terakhir ada saja pihak yang masih mencoba negosiasi supaya 3 pasangan calon saja.

Berikut skenario mungkinnya ;

  1. Calon yang hampir sudah pasti maju dalam pilgub Kaltim kali ini barusan Isran Noor- Hadi Mulyadi, sementara Syaharie Jaang belum juga kita dapat info kepastian, begitu juga H. Syafaruddin belum ada pengumuman resmi dari PDIP, dan Golkar masih menimbang –nimbang antara Makmur HAPK, Sofyan Hasdam, atau siapa.
  2. Berikut ini seperti kemungkinan pada awalnya jika 4 pasangan calon;
  3. Isran Noor-Hadi Mulyadi (Gerindra, PKS, PAN)
  4. Syaharie Ja’ang + Wakil (Demokrat, PKB, PPP)
  5. H. Syafaruddin + Wakil (PDIP, NASDEM, HANURA)
  6. Makmur HAPK atau Sofyan Hasdam, atau + Wakil (Golkar)

Ditambah nama-nama tokoh lainnya yang masuk sebagai bursa Wakil; Farid Wadjdy, Rusmadi Wongso, Rizal Effendi, Yusran Aspar, Nusyirwan Ismail, M. Djailani, H. Sahrun.

  1. Masih sangat mungkin terjadi koalisi diantara nama-nama tersebut sebagai upaya win-win solution-nya sehingga membentuk kolaisi besar. Kemampuan tarik-menarik untuk menyatukan kekuatan akan menjadi salahsatu bahan pertimbangan sebelum keputusan SK diterbitkan itu.
  2. Siapa akan bergabung dengan siapa, apakah kembali hasilnya tetap seperti kalkulasi 4 pasangan itu, ataukah mengkerucut bakal ke 3 pasangan? Ayo kita bertarung kalkulasi saja sebagai sesame penikmat pilgub Kaltim 2018 ini.
  3. Akankah bakal ada kejutan, bagaimana dengan Rita Widyasari?

Seharian ini sangat ramai bolak-balik kalkulasi dan penerawangan untuk pencalonan, ayo gabunglah kawan-kawan demi meng-Kaltim-kan Kaltim. Duduklah dengan manis menunggu info-info selanjutnya. Sekian opini kami mana opinimu…. Salam kompak Kaltim dan NKRI!!!

(DC)

BACA JUGA : Survei Menang Telak Pilkada