ARTIKEL PILEG 2019 #6: SAINTE LAGUE MURNI, FUNDAMENTAL CALEG MENANG 2019

ARTIKEL PILEG 2019 #6: SAINTE LAGUE MURNI, FUNDAMENTAL CALEG MENANG 2019

Selamat terus membaca weblog ini kepada ribuan pembaca yang sudi mampir ke www.vote-indonesia.com semoga opini yang kami kemukakan kepada sahabat pembaca dapat berkenan serta bermanfaat. Terimakasih pembaca di Samarinda, pembaca di Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Tarakan-Kaltara, Makassar, Kutai Barat, Kota Bandung dan Jawa Timur, Kota Bontang, Sumatera, dan wilayah lainnya yang terlihat dalam rekaman “mesin” kami, salam kompak persaudaraan selalu.

Ada beberapa tanggapan rekan-rekan mengenai pembahasan rumusan Sainte Lague Murni kemarin sehingga kami merasa perlu meresponnya melalui opini tanggapan hari ini.

BACA JUGA : Software Pileg : Sistem Manajemen Pemilu Legislatif 2019

Begini kawan, ada istilah BPP (Bilangan Pembagi Pemilih) pada pileg lalu dan ada SLM (Sainte Lague Murni) pada Pileg 2019 mendatang yang cukup perlu untuk dibedakan. System SLM menurut kalkulasi kami akan membuat distribusi caleg menang secara hampir merata bagi setiap parpol. Partai besar akan cukup sulit untuk mendapatkan 3 kursi dalam setiap dapil untuk Kabupaten/ Kota. Sedangkan partai menengah dan kecil semakin berpotensi untuk berhasil menempatkan 1 (satu) caleg menang pada setiap dapil.

Analisis kita tidak harus sama kawan, memang akan ada beberapa simulasi untuk strategi Sainte Lague Murni ini bagi setiap dapil. Yang pasti secara mendasar adalah perangkingan partai akan sangat menentukan perolehan kursinya di setiap dapil. Partai rangking pertama dan kedua paling sangat berpeluang   untuk mendapatkan kursi pertama dan kursi kedua pada setiap dapil. Sekali lagi sering-seringlah mengutak-atik rumus pembagian SLM yakni 1, 3, 5, 7, 9, dan seterusnya itu.

Ini tentang urusan pribadi caleg yang maju tahun 2019 mendatang. Aktiflah dalam memahami aturan main dalam kompetisi  pileg yang akan datang. Karena ketika engkau yakin maju menjadi caleg tahun 2019 maka idealnya Sainte Lague Murni itu juga menjadi konsumsimu.

Kurang-kurangilah modal nekat semata, singkirkan harapan menang terpilih menjadi caleg menang jika tanpa kesadaran logis untuk menang.  Maju menjadi caleg menang tahun 2019 itu urusannya upaya serius dan keaktifan komunikasi kepada masyarakat pemilih. Karena caleg menang adalah mewakili mayoritas masyarakat pemilih untuk duduk pada parlemen lokal maupun nasional yang akan datang yang urusannya tentu lebih banyak serius dari pada urusan parlemen hari ini.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=itZq9ukZZZg

Komitmen caleg menang tahun 2019 adalah komitmen yang dibuktikan dengan kerja-kerja nyata untuk mendekatkan diri kepada kepentingan rakyat secara lebih komprehensif.

Kata kuncinya adalah potensi caleg menang itu dapat diukur dan diprediksi. Langkah-langkah upaya pemenangannya dapat dilakukan secara lebih rasional. Hehehe… peran “orang pintar” juga telah menjadi rahasia umum dalam setiap kompetisi dalam pemilu.

Demikianlah tanggapan kami untuk artikel kemarin, silahkan share atau bagikan link www.vote-indonesia.com kepada semua sahabat FB mu dan kontak WA di HP mu kawan.

Salam persatuan, salam kompak NKRI!!!

(DC)

BACA JUGA : Strategi Sainte Lague Murni Caleg Menang 2019

BACA JUGA : Software Pileg : Sistem Manajemen Pemilu Legislatif 2019