RAHASIA SUARA CALEG MENANG : CALEG PEMENANG ELEKTABILITASNYA 7% (TUJUH PERSEN) – BAGIAN DUA

RAHASIA SUARA CALEG MENANG : CALEG PEMENANG ELEKTABILITASNYA 7% (TUJUH PERSEN) – BAGIAN DUA

BAGIAN DUA

Menyambung pembahasan artikel sebelumnya  bagaimana rumus menentukan caleg menang dalam suatu dapil adalah total suara sah di kali 7% itulah target suara yang harusnya diperoleh bagi seorang caleg yang berpotensi menang. Tidak halnya menang itu asalkan mendapat sekedar suara/ dukungan pemilih saja tetapi berapa jumlahnya itu intinya. Memperkirakan dengan lebih teliti dan meyakinkan berapa jumlah suara yang akan diperoleh dan apakah mungkin tercapai dengan segala upaya pemenangan yang sudah dilakukan selama ini.

BACA JUGA : Rahasia Suara Caleg Menang: Caleg Pemenang Elektabilitasnya 7%(Tujuh Persen) – Bagian Pertama

Ada syarat-syarat menang yang harus dipenuhi bagi seorang caleg menang. Ada pemenuhan instrument/ variable pemenangan. Mulanya menaikan popularitas diri itulah yang paling banyak sudah dilakukan secara umumnya hampir semua caleg. Dimana segala aksi popularitas ini sudah jauh sejak lama dan sebagai langkah awal-awal dilakukan. Tentu ini baik namun belum cukup untuk menuju menang kalau hanya sekedar melakukan aksi popularitas saja.

Khusus aksi popularitas jawablah terlebih dahulu 3 pertanyaan berikut ;

  1. Berapa persen nilai popularitas dirimu sebagai caleg dalam dapilmu?
  2. Dari sekian banyaknya desa/ kelurahan (berbasis RT) dalam dapilmu sudah semua kah mengenalmu?
  3. Apakah setiap orang di dapilmu sudah mengetahui dirimu sebagai caleg?

(jawablah dengan jujur dan simpanlah buatmu sendiri semua jawabannya, jika jawabanmu optimis dan rasional maka gunakan itu untuk melangkah selanjutnya).

Sebelum masuk ke ranah potensi elektabilitas sebaiknya perhatikan terlebih dahulu seberapa banyak masyarakat pemilih yang sudah mengenalmu (popularitas) itu juga menyukaimu, menerimamu, mendukungmu, membelamu, dan mau menyebarkan potensi baikmu kepada masyarakat pemilih lainnya. Aksi mendalami popularitas seperti ini kita sebut saja afeksi atau rasa penerimaan, yakni rasa kuat positif yang dimiliki oleh orang yang mengenalmu tersebut.

BACA JUGA : Sistem Manajemen Pemenangan Pemilu Legislatif 2019 (SIMPEL PILEG)

Jika popularitasmu tinggi tetapi unsur ketidaksukaan terhadap dirimu juga tinggi maka itu artinya dikenal (populer) tapi tidak disukai. Nah, kalau sudah tidak disukai pasti tidak dipilih. Demikian catatan evaluasi sederhana terhadap penilaian aksi popularitas yang sudah kamu lakukan. Selanjutnya barulah boleh muncul target 7% angka elektabilitas itu.

Mari lanjutkan menjawab pertanyaan aksi elektabilitas berikut ini ;

  1. Apakah potensi suara yang kamu raih bakal merata ada di semua TPS nantinya?
  2. Di titik mana saja kantong suara penuhmu, jika dijumlahkan semua apakah sudah mencapai 7%? (hitunglah).
  3. Aksi elektabilitas mana yang paling nyaman kamu lakukan untuk selanjutnya, sudah terjadwal kah?

(sekali lagi, jawablah dengan jujur dan simpan sendiri jawabanmu itu karena itu untuk kamu lakukan bukan untuk disebarkan).

Sebagai penutup bahasan artikel ini maka  angka rahasia elektabilitas 7% ini dapat kukatakan bahwa segitulah nilai paling aman yang harus dimiliki oleh caleg menang tahun 2019. Fokuslah untuk mendapatkannya, hitung baik-baik dengan logika sehat bukan dihitung dengan over kepercayaan diri yang hanya sekedar semangat itu. Renungilah kemudian lakukan aksi lanjutannya secara lebih bersemangat dan dengan lebih menyenangkan dari sebelumnya.

Target elektabilitas 7% ini sudah kuhitungkan dengan segala rumus dan sudah memperhatikan berbagai variabel yang berpengaruh terhadapnya. Sehingga dengan alasan karena rumusnya terlalu panjang dan mendetail maka rasanya tidak perlu kutampilkan dalam pembahasan kali ini. Karena rumit maka biarlah kerumitan itu ada pada dapur produksi kami saja, lebih baik kami hidangkan menu yang sudah jadi saja supaya bisa dinikmati lebih banyak oleh berbagai kalangan (para caleg, team sukses, parpol, masyarakat pemilih, dan kaum pembelajar).

Sekian.

(DC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *