PILGUB KALTIM 2018 #17: CHAOS PILGUB KALTIM??

PILGUB KALTIM 2018 #17: CHAOS PILGUB KALTIM??

Kita telah memulai hari ini 01 Januari 2018, tahunnya politik kata banyak orang. Tahun dimana mesin-mesin politik akan mulai di start di tingkat lokal maupun nasional. Mungkin akan ada mesin-mesin yang kurang mampu bersaing dengan mesin lainnya, dan inilah tahunnya pilkada serentak diberbagai daerah se-Indonesia pada bulan Juni mendatang.

BACA JUGA: PILGUB KALTIM 2018 #3 : PERANG BHARATAYUDHA DI KALTIM

Kaltim kebagian jatah pilgub, untuk itulah opini ini kami sajikan kehadapan khalayak yang termasuk penikmat pilgub Kaltim. Pilgub Kaltim pasti terjadi persaingan, segala cara akan dilakukan oleh sang calon dan tim suksesnya untuk bersaing merebut hati dan dukungan masyarakat pemilih se-Kaltim.

Berproses dalam urusan dukung-mendukung ini sepekan terakhir menjelang akhir tahun kemarin di Kaltim sangat terasa meninggi tensinya. Ramainya ditingkat elit sih. Media lokal maupun medsos secara bertubi-tubi menghujani pemberitaan dengan isu seputar pilgub Kaltim. Ada berita pengunduran diri seorang ketua partai. Ada berita calon pilgub yang sedang “nyangkut” urusan hukum. Ada juga calon yang sudah mengantongi SK pusat yang siap digunakan sebagai bekal mendaftar Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim pada KPU Kaltim antara tanggal 8 – 10 Januari 2018.

Surat Pengunduran Diri Yusran
Berita Pemeriksaan Dua Cagub

Kami yakin pilgub Kaltim mendatang akan seru. Baleho besar sudah sangat banyak kan berkeliaran dimana-mana, dipohon-pohon juga ada loh baleho dipasang juga secara sengaja. Keseruan pilgub Kaltim kali ini akan berasa beda. Tokoh-tokoh yang bermunculan adalah muka-muka lama dengan polesan kekinian. Gaya tampilan terasa lebih modern, dengan sentuhan rasa lebih muda dan lebih energic. Stock lama yang se-agresif kaum muda khas Kaltim.

Berikut proposal kami untuk kalian yang mau menikmati pilgub Kaltim tahun ini ;

  1. Persaingan dalam merebut suara pemilih itu keniscayaan dalam pilkada langsung seperti saat ini. Meskipun mungkin ada potensi gesekan-gesekan yang dapat berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat Kaltim itu sendiri.
  2. Pilgub Kaltim sangat erat hubungannya dengan peristiwa pileg dan pilpres tahun akan datang (tahun 2019). Kepentingan bagi partai politik nasional seirama dengan kejadian koalisi ditingkat daerah. Serapi lah poin ini secara terus-menerus.
  3. Masyarakat pemilih Kaltim itu sangat heterogen dengan tingkat perbedaan dari berbagai latar belakang jika ditelisik secara mendalam. Masyarakat pemilih di Kukar sangat berbeda karakteristiknya dengan masyarakat pemilih di Berau misalnya. Begitu juga akan terasa beda perilaku pemilih di Samarinda dengan Balikpapan. Hal ini sangat penting disadari oleh penikmat pilgub Kaltim.
  4. Jangan sampai merasa dihantui oleh pilgub Kaltim, karena mungkin bakal ada “hantu-hantu” bergentayangan untuk mengintimidasi masyarakat pemilih. Tutupi pintu rapat-rapat dan kunci yang kuat jika ada hantu politik mau mampir kerumah kalian.
  5. Nikmati saja pilgub Kaltim jangan ikut berkelahi secara fisik, karena hal itu dapat menyebabkan kerugianmu. Hal sederhana tapi bisa berdampak fatal. Hindari chaos itu.
  6. Gunakan kata hatimu yang baik itu dalam mendukung calon. Jangan ikut-ikutan orang lain, tetapi mikirlah mendalam sebelum menentukan pilihan. Mikir sekali lagi sebelum memilih.
  7. Bersemangatlah, karena baru saja malam tahun baru kita lewati.
  8. Ingatlah bahwa Kaltim bagian dari semangat dan harapan untuk NKRI.
  9. Ikuti calonmu yang membuatmu semakin baik bukan semakin buruk.
  10. Yang terakhir, mari jadikan dirimu sebagai sebagai pribadi yang tidak menyakiti Kaltim. Titipkanlah Kaltim ini kepada orang yang cinta kepada Kaltim. Gunakan cinta bukan emosi sesaat.

Demikian hari ini opini kami, mana opinimu yang baik-baik itu… silahkan share artikel ini jika tidak memberatimu. Salam semangat baru, selamat menikmati pilgub Kaltim.

Happy new year 2018, salam cinta dari kami untuk pencinta Kaltim dan NKRI!!!

(DC)

BACA JUGA : Survei Menang Telak Pilkada