MENAKSIR 5 PEMENANG PILKADA TAHUN 2020 (KOTA SURABAYA, KOTA SOLO, KOTA BALIKPAPAN, KOTA SAMARINDA, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)

MENAKSIR 5 PEMENANG PILKADA TAHUN 2020 (KOTA SURABAYA, KOTA SOLO, KOTA BALIKPAPAN, KOTA SAMARINDA, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)

Pilkada Kota Surabaya kedepan akan berpengaruh besar terhadap eksistensi perpolitikan nasional. Sedangkan Pilkada Kota Solo akan mungkin menarik fokus elit politik nasional untuk berpartisipasi. Ditambah dengan dua kota yang dianggap berpengaruh sebagai wilayah IKN (Ibu Kota Negara) yang baru yakni Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Adapun Kabupaten Kutai Kartanegara adalah bagian yang tak terpisahkan dari kancah keramaian ini. Kutai Kartanegara memiliki tingkat spesial yang  perlu di hadirkan kembali dalam kancah nasional.

BACA JUGA: Sistem Manajemen Pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak (SIMPEL PILKADA) 2020

Kota Solo akan menjadi sorotan di musim pilkada serentak nasional di tahun ini. Anaknya presiden akan maju untuk berkompetisi di kota tersebut. Mas Gibran sebagai tokoh muda “sudah mengumumkan” rencananya untuk melamar sebagai bakal calon walikota Solo mendatang. Sedangkan Pak Jokowi pernah menjadi walikota Solo sebelum  menjadi Presiden saat ini. Sejarah ini apakah akan terulang kembali?

Sedangkan Kota Surabaya memiliki keunikan tersendiri. Kota terbesar di Propinsi Jawa Timur ini selalu tampil menghiasi pemberitaan secara nasional. Sangat banyak tokoh yang berasal dari propinsi ini yang naik level sebagai tokoh yang me-nasional. Sedangkan Kota Surabaya sendiri sebagai kota besar yang memiliki tingkat keberagaman sosial yang tinggi. Kota Surabaya bagaikan ibukota kedua setelah Jakarta. Setiap kejadian sosial-politik-ekonomi maka Surabaya adalah sebagai wadah berdinamika yang juga dominan mempengaruhi tingkat nasional.

BACA JUGA : Strategi Ampuh Mendapatkan Perahu Untuk Pilkada 2020

Untuk memprediksi pemenang disetiap daerah tersebut berikut uraian singkat kalkulasinya;

1. Pemenang pilkada di Kota Surabaya adalah peraih suara total sebanyak ± 814.600 suara, atau 100 suara/ TPS.

2. Pemenang pilkada Kota Solo adalah peraih suara total  sebanyak ± 173.200 suara, atau 100 suara/ TPS.

3. Pemenang pilkada Kota Balikpapan adalah peraih suara total sebanyak ± 174.335 suara, atau 85 suara/ TPS.

4. Pemenang pilkada Kota Samarinda adalah peraih suara total sebanyak ± 216.665 suara, atau 85 suara/ TPS.

5. Pemenang pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara adalah peraih suara sebanyak ± 180.540 suara, atau 85 suara/ TPS.

Tabel ± Suara Pemenang Pilkada tahun 2020.

SURABAYA 814,600 SUARA 100/TPS
SOLO 173,200 SUARA 100/TPS
BALIKPAPAN 174,335 SUARA 85/TPS
SAMARINDA 216,665 SUARA 85/TPS
KUTAI KARTANEGARA 180,540 SUARA 85/TPS

Jangan dibantah kalkulasi ini, silahkan dijadikan rujukan kalkulasi untuk pergerakan pemenangan bagi yang sengaja untuk melibatkan diri padanya. Atau bolehlah utak-atik kembali dan sesuaikan dengan kebutuhan lapanganmu.

Bagi para calon dan timses sebaiknya dari sekarang untuk lebih aktif “mengukur” akan kesadaran kemampuan diri dalam menghadapi pilkada serentak tahun ini. Itu jauh lebih baik untuk dilakukan sebagai persiapan dan rencana yang matang. Karena persiapan yang matang akan membawa pada perjalanan yang akan jauh lebih menyenangkan.

Untuk rekan-rekan yang berada pada 5 wilayah yang diulas pada artikel ini kami ucapkan salam kompak selalu, dan bagi wilayah lain yang belum sempat dinaikan dalam pembahasan artikel kali ini jangan berkecil hati, karena pada kesempatan mendatang akan ada pembahasannya.

Sekian dulu artikelnya semoga dimanfaatkan sebaik mungkin, salam kompak NKRI.

Penulis: Doni Candra, S.IP
Editor: Nizar Mahroussy H.E, S.Kom

loading...