PILGUB KALTIM 2018 #18: PASANGAN CALON KE-5 PADA PILGUB KALTIM

PILGUB KALTIM 2018 #18: PASANGAN CALON KE-5 PADA PILGUB KALTIM

Paling mungkin hanya ada 4 pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim yang akan bersaing pada pilgub Kaltim di bulan Juni mendatang. Arah koalisi partai politik di Kaltim seperti itu terlihat nyata. Berbagai media massa maupun medsos secara gamblang membahas kalkulasi jumlah pasangan yang paling mungkin itu.

BACA JUGA: PILGUB KALTIM #1 : MENERAWANG PETA KARANGPACI

Namun jangan lupa ada calon pasangan ke-5 yang sepertinya bakal ikutan berkompetisi. Calon pasangan ke-5 ini mungkin tidak tampil namanya. Mungkin tidak mendaftar ke KPU pada 8-9 Januari ini. Tetapi calon ke-5 ini terasa sangat aktif melakukan komunikasi-komunikasi politik. Motivasinya sulit ditebak, tetapi dia ada dan hadir.

Berikut ciri-ciri pasangan calon ke-5 yang itu;

  1. Pasti manusia… heheh
  2. Pasti orang yang berpengalaman.
  3. Mungkin mencalonkan tapi gak sampai ke KPU.
  4. Bisa menjadi calon bayangan saja.
  5. Bisa juga sebagai calon boneka.
  6. Atau mungkin yang sedang mengendalikan calon yang ada.
  7. Calon ini sangat memungkinkan bergabung dengan calon yang sudah pasti.
  8. Kemudian calon ke-5 ini dapat juga masuk kedalam jantungnya calon lain.
  9. Bisa jadi calon ke-5 ini mau nyalon tapi gak bisa karena gak dapat SK pusat.
  10. Pastinya calon ini bisa baik dan bisa buruk, tergantung cara pandangmu.

Begitulah cara kami membuat kesimpulan-kesimpulan sementara melalui tulisan ini. Silahkan tambahkan sendiri untuk poin-poin yang lain yang belum termasuk 10 poin diatas.

Calon ke-5 dalam pilgub Kaltim ini memang sangat luas maknanya dan jangkauannya. Makanya kami tidak membatasi secara pasti ciri-cirinya. Kami membiarkan imajinasi setiap pembaca untuk menterjemahkan sendiri isu calon ke-5 ini. Kami merasakan adanya, hanya merasa ada kehadirannya.

Pastinya calon ke-5 ini hanyalah calon tambahan yang boleh maju dan boleh jadi hanya sekedar hasil pembentukan alamiah dari calon-calon yang berkumpul karena kesamaan kenyataan yang dialami sama-sama gak dapat nyalon sehingga berkelompoklah.

Calon ke-5 ini hanyalah untuk bahan penambah (second-opinion)  bagi para penikmat pilgub Kaltim. Kami hanyalah sekedar mengutarakannya saja sehingga ada masuk kedalam tulisan artikel disini. Kemudian serapilah makna calon ke-5 ini maka analisis politikmu akan menjadi semakin tajam.

(DC)

BACA JUGA : Survei Menang Telak Pilkada